10 Desember 2009

Opera Mini Modif 3.11

Opera Mini merupakan browser yang cukup populer di ponsel java. Kepopulerannya tentu beralasan, misalnya saja karena OM ini cukup user friendly dan fiturnya lumayan lengkap. Namun di balik kepopulerannya tersebut, pasti ada saja yang tidak memuaskan pemakainya.

Berhubung dengan alasan itu, orang Rusia yang tidak saya ketahui namanya, mengembangkan Opera Mini versi modif-nya sendiri. OM versi mod (baca:modif) ini punya banyak kelebihan dibandingkan versi originalnya.

Berikut adalah screen shoot dari Opera Mini Mod v.3.11



Kelebihan Opera Mini Modif ini antara lain :
  • Ada file manager, dari file manager ini, bisa untuk membuka save page yang telah kita simpan secara online, bisa juga untuk membuka file berformat txt, pdf, doc, bahkan bisa menjalankan file mp3 dan video 3gp dari Opera Mini Mod ini.
  • Bisa save page (baru ada pada Opera Mini 4.1 versi original). Bahkan save page pada Opera Mini Mod ini, jauh lebih powerful daripada save page original OM. Hal ini dikarenakan, pada save page Opera Mini Mod, nama file save-an-nya nanti, adalah nama webpage yang kita simpan (bisa diubah juga). Tidak seperti yang versi original, dimana save page memiliki filename seperti 49a85e95.obml dan semacamnya (nama yang kita buat hanya tampil pada saat dibuka dengan Opera Mini langsung). Ini berarti save page pada Opera Mini Mod lebih mudah di-backup berdasarkan namanya.
  • Tingkat kompresi data yang digunakan pada Opera Mini Mod v3.11 adalah tingkat kompresi Opera Mini 3 original. Berarti apabila dibandingkan dengan Opera Mini 4, 4.1, maupun 4.2 original; Opera Mini Mod jauh lebih hemat. (Sekedar perbandingan, searching di google dengan gambar sama-sama di-nonaktifkan memakan hanya sekitar 4kb di Opera Mini Mod v.3.11; pada versi 4.2 original menyedot data sekitar 6-7kb.)
  • Bisa copy paste teks pada artikel yang dibuka. Suatu kemampuan yang tak dimiliki Opera Mini original bahkan hingga versi 4.2 sekarang. Kita juga bisa mengambil seluruh teks pada halaman situs yang dibuka dan menyimpannya sebagai file txt.
  • Bisa multitab. Multitab yang dimaksud ialah membuka beberapa webpage secara bersamaan. Fitur ini juga tak dimiliki Opera Mini original. Namun biarpun begitu, saat multitab, kita tidak bisa membuka tab lain apabila tab yang sedang dibuka sedang me-load page.
  • Bisa download tanpa harus masuk ke wap browser bawaan hp. Cukup Save As seperti pada komputer. Pada saat download, juga cukup lengkap keterangan speed, time, dll.
Namun sayangnya, Opera Mini Mod ini memiliki 1 kelemahan, yaitu hanya memiliki mode tampilan 'Mobile View', tidak seperti Opera Mini original yang mulai versi 4.0 memiliki kemampuan membuka halaman dengan tampilan seperti komputer.

Biarpun memiliki kelemahan seperti itu, Opera Mini mod v.3.11 ini cukup (atau sangat?) bagus dan saya rekomendasikan bagi pengguna yang ingin mendapat 'citarasa' Opera Mini 4 dengan kompresi data opera Mini 3. Nilai A+ saya berikan untuk Opera Mini Mod v.3.11.

Opera Mini Mod v.3.11 dapat di download di sini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan di KLIK...!!